Senin, 18 Juni 2012

DER PANZER MELANGKAH ... ORANJE TERHENTI

 Belanda gagal melawan sejarah dan harus melupakan mimpinya untuk terus berkiprah di Piala Eropa 2012 setelah dalam babak penyisihan grup B kalah 1-2 atas Portugal.

Sedangkan Jerman melaju ke perempat final setelah menundukkan Denmark 2-1 dalam laga terakhir Grup B Euro 2012 yang digelar di Lviv Arena, Senin 18 Juni 2012. Dua gol kemenangan Der Panzer di pertandingan ini dicetak Lukas Podolski dan Lars Bender

Gol Belanda dicetak oleh Rafael van der Vaart di menit ke-11, sedangkan Portugal dicetak oleh Cristiano Ronaldo menit ke 28.
 
Cristiano Ronaldo menambah pundi-pundi golnya di menit 74 dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Portugal.
 
Belanda jelas membutuhkan kemenangan untuk setidaknya tetap memelihara asa untuk lolos, sambil tetap berharap hasil akhir di laga Jerman kontra Denmark. Saat ini di Lviv, kedua tim juga bermain seri 1-1. Langkah Belanda memang terbilang amat super berat dan penuh ketergantungan.
 
Bert van Marwijk melakukan perubahan signifikan di lini depan dengan memasukkan Klaas-Jan Huntelaar dan Van der Vaart sebagai starter pada laga terakhir Belanda kontra Portugal.
 
Van der Vaart di laga ini diplot sebagai deep playmaking, posisi yang biasa ditempati oleh van Bommel. Sementara van Persie berduet dengan Huntelaar di depan. Adapun Sniejder di kiri dan Robben di kanan.
 
Karena harus menang dengan selisih gol lebih dari dua, Belanda tampil menyerang,. Akhirnya, pada menit ke-11, Rafael van der Vaart membawa Belanda memimpin. Tendangannya dari jarak 20 meter mengarah ke pojok kanan gawang Patricio. Awal yang sempurna dari Belanda dan mereka kini tinggal butuh satu gol lagi untuk setidaknya berada di "zona aman".
 
Namun, pada menit ke-28, Ronaldo menyamakan kedudukan. Setelah dia menerima umpan terobosan dari Pereira, sayap Real Madrid ini pun tak kesulitan menaklukkan Stekelenburg. Akhirnya Ronaldo pun, setidaknya, sukses menghapus kemarau gol yang sempat melandanya di turnamen ini.

 Kemenangan Jerman atas Denmark membuat tim besutan Joachim Loew itu mengoleksi nilai sembilan, sehingga keluar sebagai juara Grup B. Sebelum menundukkan Denmark, Jerman telah mempermalukan Portugal 1-0, dan mempecundangi Belanda 2-1.
Sementara posisi kedua direbut oleh Portugal, yang pada pertandingan lainnya berhasil menumbangkan Belanda 2-1. Portugal mengoleksi poin enam, hasil dari dua kemenangan dan sekali kekalahan. Sedangkan Belanda terbenam di dasar klasemen, tanpa mengoleksi satu poin pun.

Sejak peluit pertandingan ditiup wasit Carlos Velasco Carballo, Jerman langsung mencoba inisiatif serangan. Mengandalkan permainan bola-bola pendek yang cepat dan tusukan dari berbagai sektor, membuat tim besutan Joachim Loew itu menciptakan beberapa peluang emas.

Usaha keras Jerman untuk mencetak gol akhirnya berbuah manis. Pada menit ke-19, Jerman berhasil membuka keunggulan lewat tendangan keras Podolski, setelah menerima umpan mendatar Muller dari sektor kiri pertahanan Denmark. Ini adalah gol pertama Podolski di Euro 2012.

Tapi keunggulan Jerman tidak bertahan lama. Hanya dalam tempo lima menit, Denmark mampu membalas gol Podolski, melalui sundulan Michael Khron-Dehli. Mantan pemain Ajax Amsterdam ini berhasil menundukan kiper Manuel Neuer setelah memaksimalkan umpan lambung yang dikirimkan Nicklas Bendtner.
 

Selepas turun minum, Jerman tetap menguasai jalannya pertandingan. Dengan penguasaan bola 60 persen, Jerman lebih unggul dalam menciptakan kesempatan. Dan gol kemenangan pun tercipta sepuluh menit jelang bubaran lewat kaki Bender yang memanfaatkan umpan terobosan Mesut Oezil.


Sumber




Tidak ada komentar:

Posting Komentar