Kamis, 07 Juni 2012

KEANE "IRLANDIA LIVING LEGEND"

Penyerang atau kerap disebut sebagai striker dalam sepakbola merupakan pemain dalam suatu tim yang bermain dekat dengan gawang lawan. Tugas utama seorang striker adalah mencetak gol. Seorang striker pun dituntut untuk memiliki teknik mumpuni untuk melewati hadangan pemain bertahan lawan.

Namun, dalam perkembangan sepakbola hingga saat ini, seorang striker tidak dituntut lagi untuk mencetak gol. Karakter seorang striker pun berkembang. Ada yang tipikal bermain melebar, jago mengolah bola, teknik yang biasa saja namun rasio golnya tinggi, ada juga striker yang ditempatkan hanya untuk memantulkan bola untuk kemudian dieksekusi oleh pemain lain untuk menjadi gol.

Penilaian atas kehebatan seorang striker sebagai pemain papan atas pun memiliki berbeda-beda. Ada yang menilainya berdasarkan jumlah gol hingga pengaruh kehadirannya dalam tim meskipun tidak mencetak gol. Dari sederet striker yang akan beraksi di Euro 2012, Robbie Keane layak mendapatkan predikat sebagai striker kelas papan atas.

Robbie Keane yang sekarang sangat berbeda dengan dulu. Pemain kelahiran Dublin, 31 tahun lalu itu kini sudah dimakan usia. Kapten “The Boys in Green” ini merupakan figur penting tim besutan Giovanni Trapattoni itu di Polandia-Ukraina. Suami dari Claudine ini merupakan legenda pencetak gol terbanyak Irlandia sepanjang sejarah dengan raihan 54 gol.

Pada Juni 2011, Keane merupakan pemain Irlandia pertama yang mampu menembus 50 gol internasional. Ketajaman Keane pun membuatnya duduk di peringkat ke-25 sebagai pemain dengan jumlah gol internasional terbanyak. Pemain LA Galaxy ini juga duduk di peringkat ke-11 sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Primer Inggris dengan 125 gol.

Keane akan menjadi pemain yang paling ditakuti oleh lawan-lawan Irlandia di Grup C, baik Italia, Spanyol maupun Kroasia. Bandingkan saja produktivitas gol Keane. Dengan 54 gol sepanjang karirnya di Timnas, Keane melewati produktivitas seluruh pemain Italia yang akan memperkuat Azurri di Euro 2012. Seluruh gol pemain Azurri yang akan tampil di Euro 2012 sejauh ini baru 46 gol.

Akan tetapi Keane sekarang berbeda dengan ketika masih muda. Keane tidak setajam dulu dan sekarang hanya bermain di Major League Soccer, AS. Namun, mantan pemain Wolves, Coventry, Inter Milan, Leeds, Tottenham Hotspurs, Liverpool, Glasgow Celtic, dan Aston Villa ini sarat dengan pengalaman.
Robbie Keane bersama Shay Given, John O’Shea, Damien Duff dan Keith Andrews sebagai pemain senior punya misi mengangkat mental pemain-pemain muda yang disisipkan oleh Mr. Trap, julukan Trapattoni. Apalagi, bagi negara penghasil Baileys dan Guinness itu, Robbie merupakan ikon dan top skorer legendaris. Tak heran Mr Trap menyematkan ban kapten di lengan Keane. Total 115 cap adalah bukti betapa berharganya Keane bagi Irlandia.

Keane yang dikenal memiliki segudang humor untuk menghibur rekan satu tim punya tanggungjawab untuk mengangkat mental pemain Irlandia. Irlandia yang berada di Grup C menghadapi lawan yang terbilang berat yaitu Spanyol sang juara dunia dan juara Eropa, Italia yang punya tradisi juara serta Kroasia yang merasakan menjadi semifinalis Piala Eropa 2008.

Meski produktivitasnya di LA Galaxy, AS cenderung turun tiga bulan terakhir, Keane tetap yakin performanya. "Kondisi saya oke. Saya membuat beberapa gol dan memberi asisst. Memang jika tim tak memenangkan pertandingan anda mulai menghakimi diri sendiri dan mencoba melakukan yang lebih baik," kata Keane dilansir ESPN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar